$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

Sabang, Kota Dikelilingi Pantai

Sabang, pulau yang terletak di ujung Barat Indonesia ini pantas disebut sebagai surga wisata bahari. Bagaimana tidak, Sabang terkenal ...



Sabang, pulau yang terletak di ujung Barat Indonesia ini pantas disebut sebagai surga wisata bahari. Bagaimana tidak, Sabang terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah, terutama pantai-pantainya. Di antaranya Pantai Iboih, Rubiah, Gapang, Sumur Tiga, dan Anoi Itam. Pertama kali berkunjung ke Sabang, benar-benar meninggalkan kesan yang menyenangkan, apalagi kunjungan pertama saya bersama dengan suami.^^

Snorkeling di Pantai Iboih
Bagi anda yang menyukai pantai dan laut, Sabang adalah lokasi tepat untuk dikunjungi. Saya bersama suami sudah mencoba snorkeling di Pantai Iboih, dan sangat menyenangkan. Selain itu, anda juga bisa mencoba diving (menyelam) di sini. Karenanya, saya merekomendasikan anda untuk berkunjung ke Pantai Iboih ini. Selain itu, lokasi wisata lain yang tidak kalah bagus adalah Gapang, dan Rubiah. Khusus untuk Rubiah, anda harus menyewa boat karena letaknya terpisah. Namun, dengan menggunakan speedboat anda bisa sampai ke Rubiah dalam waktu kurang dari 10 menit.

Saat bersnorkeling ataupun diving (menyelam), di dalam air nanti anda akan menemukan species-species laut yang sangat cantik, seperti ikan dan terumbu karang. Bentuknya sangat unik dan warna-warnanya juga cerah. Species laut ini juga sangat ramah, mereka tidak takut jika ada penyelam yang berenang mendekati mereka, bahkan ikan-ikan ini ikut berenang bersama dengan para penyelam. Ya, inilah magnet terbesar yang menarik  minat wisatawan berkunjung ke Sabang.

Tempat penyewaan perlengkapan diving dan snorkeling.
Mengenai perlengkapan untuk snorkeling dan diving (menyelam), anda dapat menyewanya, dengan harga berbeda tergantung kebutuhan. Selain itu, di lokasi wisata ini juga disediakan homestay atau cottage bagi pengunjung yang menginap. Tidak hanya itu, mereka juga menawarkan jasa sewa sepeda motor. 

Keindahan pantai-pantai di Sabang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Buktinya, anda akan menemukan banyak wisatawan asing di lokasi wisata di Sabang disamping para wisatawan domestik. 

Menuju Sabang menggunakan kapal
ferry KMP BRR.
Untuk bisa sampai di Sabang, anda harus menyeberangi laut menggunakan kapal kambat atau kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Jika menggunakan kapal lambat, anda akan sampai ke Pelabuhan Balohan, Sabang sekitar 1 jam 45 menit. Namun, jika ingin lebih cepat sampai, anda dapat menaiki kapal cepat yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama 45 menit. Karena membawa sepeda motor, jadi kami harus  naik kapal lambat KMP BRR.

Kesan pertama saat menginjakkan kaki di kota kecil ini adalah pemandangannya yang sangat asri dan udaranya yang sejuk. Berbeda dengan kota kelahiran saya, Banda Aceh, Sabang masih memiliki banyak pohon dan tanaman hijau sehingga udaranya terasa segar. Hal lain yang berbeda dari kota ini adalah jalanannya yang terjal. Oleh karena itu, anda harus sangat berhati-hati dalam berkendara karena melewati tanjakan dan turunan yang tajam.

Taman Wisata Kuliner. Di sini anda dapat
menikmati kuliner Sabang seperti sate gurita.
Lokasi ini letaknya di pinggir pantai dan
hanya buka pada malam hari.
Selama di Sabang, saya dan suami menghabiskan waktu selama empat hari. Dalam rentang waktu tersebut, kami berkeliling dari ujung ke ujung. Mulai dari Tugu Kilometer Nol yang merupakan batas ujung barat Indonesia sampai Bukit Balohan. Saya dan suami juga sempat mencicipi beberapa kuliner di sabang seperti sate gurita dan rujak benteng. Benar-benar liburan yang menyenangkan. Jika memiliki kesempatan, kami berencana kembali ke Sabang di lain waktu.

Bagi anda yang berencana mengunjungi Kota Sabang dan membawa kendaraan, sebaiknya pastikan kondisi kendaraan anda dengan baik. Hal ini penting karena kondisi jalanan yang benar-benar menantang. Banyak tanjakan dan turunan yang harus dilalui. Apalagi jalanan menuju lokasi wisata yang jaraknya puluhan kilometer dari Kota Sabang.

Penumpang kapal KMP BRR yang tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang.

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Sabang, Kota Dikelilingi Pantai
Sabang, Kota Dikelilingi Pantai
https://3.bp.blogspot.com/-bluZNDyH4a4/VmWqFQ5nqfI/AAAAAAAAArQ/G7OnduFDyyA/s640/20141024182211.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-bluZNDyH4a4/VmWqFQ5nqfI/AAAAAAAAArQ/G7OnduFDyyA/s72-c/20141024182211.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2014/11/pantai-iboih-sabang-sabang-pulau-yang.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2014/11/pantai-iboih-sabang-sabang-pulau-yang.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy