$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

Kesetaraan Gender. Yes or No?

Kalimat-kalimat di samping menyadarkan saya akan satu hal, jika perempuan adalah makhluk ciptaan Allah swt yang sangat istimewa. Mungk...


Kalimat-kalimat di samping menyadarkan saya akan satu hal, jika perempuan adalah makhluk ciptaan Allah swt yang sangat istimewa. Mungkin kita kaum perempuan tidak menyadari itu. Tetapi lihatlah di luar sana banyak sekali laki-laki yang ingin mengubah dirinya menjadi perempuan. Ada banyak waria di luar sana yang menuai berbagai kritikan, cemoohan, bahkan hinaan dari masyarakat karena keadaan mereka yang tidak sempurna. Tidak sempurna sebagai lelaki, juga tidak sempurna sebagai perempuan. 

Namun sungguh menyedihkan melihat fenomena sekarang. Banyak perempuan menuntut agar diberi persamaan hak dengan kaum lelaki. Hak yang disebut kesetaraan gender. Benarkah kita perempuan membutuhkan itu? Benarkah kita perempuan ingin disamakan dengan lelaki dalam segala hal? Think it twice!

Sejatinya manusia dilahirkan dalam dua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Kedua makhluk ciptaan Allah swt ini diciptakan dengan begitu banyak perbedaan, baik dari segi fisik, pemikiran, dan juga segi lainnya. Dan kita sebagai anak manusia, terlahir dari penyatuan kedua perbedaan ini. 

Perbedaan itu ada bukan untuk memisahkan, melainkan untuk saling melengkapi. Perbedaan itu bukan untuk disatukan, tetapi untuk disandingkan. Sejatinya mencari nafkah dan membanting tulang adalah tugas seorang ayah. Sementara ibu mengerahkan tenaganya untuk urusan rumah tangga. Mencuci, menyapu, memasak, menyetrika, menjaga anak-anak, mengurus suami. Sejatinya dalam hidup ini laki-laki dan perempuan sudah mempunyai perannya masing-masing. Lalu mengapa masih menuntut hak lain? Apakah tanggung jawab dan hak yang sudah ada masih kurang? Atau masih belum cukup? 

Sungguh miris melihat pemikiran orang zaman sekarang. Seperti tidak ada lagi pedoman agama dalam setiap langkah kehidupan. Dunia sudah begitu menyilaukan, membuat seluruh penghuninya terlena.

Memang benar kaum hawa bukanlah kaum yang lemah dan mudah ditindas. Tapi bukan berarti perempuan harus disamakan dengan laki-laki DALAM SEGALA HAL. Tidak dapat dibayangkan jika dalam sebuah keluarga sang ayah menjadi ibu dan sang ibu juga menjadi ayah. Saling membantu itu harus, tapi bukan berarti bertukar posisi. Tidak dapat dipungkiri, saat ini banyak wanita yang bekerja dan mendapat penghasilan sendiri, bahkan ada yang penghasilannya lebih besar daripada sang suami. Tapi wanita tetaplah wanita, tidak akan pernah bisa disamakan dengan laki-laki.


Mungkin tulisan ini akan menuai pro dan kontra. Tidak masalah, karena setiap orang berhak berpendapat. Namun jujur, saya pribadi gerah pada pihak-pihak yang menyuarakan kesetaraan gender mengatasnamakan perwakilan kaum wanita secara umum. Tidak semua wanita setuju dengan kesetaraan gendermenuntut agar laki-laki dan perempuan memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam segala aspek kehidupan. Bukankah lebih baik apabila laki-laki dituntut menghormati dan memenuhi hak perempuan daripada perempuan yang meminta haknya disamakan dengan laki-laki? That's what I thought. 


Jika saat ini banyak terjadi penyiksaan dan hal-hal lain yang merugikan perempuan seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), coba lihat kembali pada diri kita masing-masing. Persamaan gender bukanlah satu-satunya solusi untuk permasalahan ini. Lebih baik sama-sama memperbaiki diri, bagi kaum lelaki dan juga wanita. Semoga masing-masing dari kita menempatkan diri sesuai dengan kodrat yang sudah ditentukan, sehingga perbedaan yang ada bisa menjadi warna dalam menjalani kehidupan.

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Kesetaraan Gender. Yes or No?
Kesetaraan Gender. Yes or No?
http://4.bp.blogspot.com/-xhjwSN2S4W0/VZukvS8MmmI/AAAAAAAABnM/aH4c5Z7kEIw/s640/Screen-Shot-2013-10-11-at-22.35.05.png
http://4.bp.blogspot.com/-xhjwSN2S4W0/VZukvS8MmmI/AAAAAAAABnM/aH4c5Z7kEIw/s72-c/Screen-Shot-2013-10-11-at-22.35.05.png
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2015/07/kesetaraan-gender-yes-or-no.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2015/07/kesetaraan-gender-yes-or-no.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy