$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home

LCD Laptop Rusak? Bersiaplah Merogoh Kocek Dalam-dalam

Tampilan LCD laptop rusak dan bergaris. LCD ( Liquid Crystal Display)  laptop rusak? Waduh, ini salah satu masalah yang cukup memu...

Tampilan LCD laptop rusak dan bergaris.

LCD (Liquid Crystal Display) laptop rusak? Waduh, ini salah satu masalah yang cukup memusingkan kepala. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini gadget seperti laptop, tablet, atau smartphone sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Kalau gadget yang kita miliki rusak tentulah akan menggangu aktivitas dan pekerjaan kita sehari-hari, belum lagi soal biaya memperbaikinya.
Benda canggih serba bisa yang dikenal dengan sebutan gadget ternyata rentan rusak, baik laptop, tablet, maupun smartphone. Karenanya, kita sebagai pengguna harus pintar merawatnya. Dengan pemakaian dan perawatan yang baik, setidaknya gadget yang kita gunakan bisa bertahan hingga 2 tahun bahkan lebih.
Normalnya, tampilan tulisan atau gambar pada LCD laptop bersih dan jelas. 
Tidak bergaris ataupun bergoyang.

LCD atau layar pada gadget adalah salah satu komponen yang paling rentan mengalami kerusakan. Jika, ini terjadi maka siap-siaplah untuk merogoh kocek dalam-dalam karena bisanya harga untuk memperbaiki LCD tidak murah. Hal ini sudah terjadi pada beberapa teman saya. Ada yang rusak LCD handphone dan laptopnya. 

Naasnya, tahun ini saya juga harus mengalami hal yang sama. Laptop saya yang berukuran 14" layarnya juga sudah mulai bergaris dan menutupi setengah layar laptop, sehingga saya tidak bisa melihat file-file yang tersimpan di laptop. Beruntung mesin laptop saya masih bagus, jadi meskipun saya tidak bisa mengambil file karena tidak terlihat jelas lagi di layar, tetapi file-file saya masih tersimpan dengan aman.

Dari segi usia pemakaian, laptop saya sudah tua. Laptop yang saya beli dari uang beasiswa saat kuliah itu sudah menjadi teman sejati dalam menyelesaikan tugas kuliah dan media hiburan (mendengar musik dan menonton video) saya selama lima tahun. Meski memang sudah waktunya untuk diganti, tapi jika LCD nya tidak bermasalah laptop saya sebenarnya masih bisa digunakan. Ibaratnya, seperti manusia yang masih fit di usia tuanya. Tapi apa boleh buat, mungkin memang laptop saya sudah lelah.

Laptop saya yang sudah tua dan sedang sakit. :(
Seperti yang saya katakan tadi, biasanya LCD yang rusak hanya dapat diperbaiki dengan melakukan penggantian. Harga LCD yang baru juga lumayan menguras kantong. Saya harus menyediakan uang lebih dari satu juta rupiah untuk mengganti LCD tersebut. Dua teman saya yang pernah mengalami hal serupa, juga mengeluarkan uang tidak sedikit untuk urusan ini.

Mereka mengganti LCD laptop masing-masing dengan harga dua juta rupiah (ukuran 14") dan 750 ribu rupiah (ukuran 10"). Ada juga teman yang menganti LCD handphonenya dengan harga 300 ribu rupiah. Mungkin biaya LCD handphone lebih murah karena ukurannnya lebih kecil daripada layar laptop.

Kadang terpikir jika harga perbaikan semahal itu, lebih baik beli yang baru saja. Apalagi sekarang produsen gadget menawarkan banyak varian produk mulai dari merek, tipe, dan harga. Konsumen tingga memilih sesuai selera, kebutuhan, dan bugdet yang tersedia.

Tapi ya, kalau tidak diganti sayang juga gadgetnya bakal terbengkalai, padahal masih sangat berguna jika diperbaiki. Makanya, baik-baiklah merawat gadget yang kita miliki. Gadget yang selalu berguna memudahkan akses dan aktivitas kita, jika sudah rusak malah jadi memusingkan kepala. Selain uang tabungan terkuras, kegiatan dan pekerjaan juga jadi terganggu.


Penyebab LCD Rusak

Penasaran mengapa tiba-tiba LCD laptop saya jadi tidak berfungsi normal lagi, saya pun mencari tahu informasinya pada om google. Dari beberapa artikel yang saya baca, kerusakan LCD bisa terjadi karena memang bawaan pabrik dan human error (kesalahan manusia). Selain LCD yang tampilannya bergaris seperti pada laptop saya, masalah terkait LCD lainnya adalah tampilan LCD yang bergetar, warna kurang tajam, dan missing color.

Untuk masalah pada LCD laptop saya pastilah karena faktor human error, karena laptop saya rusak setelah lima tahun pemakaian. Kalau faktor bawaan pabrik, tentunya laptop saya tidak bisa digunakan selama itu.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karenanya, selain pintar mengoperasikan gadget, kita juga harus tahu cara merawat gadget dengan benar.


Tips Merawat Laptop

Berikut beberapa tips mencegah kerusakan LCD laptop. Intinya kita harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Lalu mengantisipasin.ya sedini mungkin agar LCD laptop tidak rusak dan laptop bisa digunakan lebih lama. Semoga bermanfaat ya temans.
Cairan khusus permbersih laptop.
  • Bersihkan LCD laptop secara berkala menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop. Cairan ini mudah didapat dan harganya juga tidak mahal, sekitar Rp 15.000 dan biasa dijual di toko aksesoris komputer.
  • Gunakanlah pelindung LCD seperti layar anti gores.
  • Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut karena mesin akan panas meskipun ada fasilitas pendingin pada laptop itu sendiri. Ini tidak baik bagi laptop. Sebaiknya matikan dan istirahatkan laptop sejenak, sekitar 10 menit. Baru setelah itu digunakan kembali.
  • Jika aktivitas anda mengahruskan menggunakan laptop dalam waktu lama, sebaiknya gunakan cooling pad (kipas angin khusus laptop). Pilih cooling pad yang berkualitas, yaitu cooling pad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambilnya dari USB laptop.





Beberapa pilihan cooling pad. Masih ada model lain yang bisa dipilih sesuai selera.

  • Untuk pengaturan contras dan brightness pada LCD laptop, pilih sedang.  
  • Atur LCD time off saat laptop tidak digunakan pada menu power option windows.
  • Membuka dan menutup LCD dengan benar. Ini juga perlu diperhatikan. Buka dan tutup LCD dengan cara memegang dari kedua sisi kanan dan kirinya, BUKAN DARI ATASNYA. Karena di bagian atas laptop ada blok yang rentan rusak.  
  • Saat membawa laptop bepergian, gunakan tas khusus laptop. Biasanya tas khusus laptop didesain lebih tebal sehingga lebih aman digunakan seandainya ada benturan kecil pada saat dibawa.

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: LCD Laptop Rusak? Bersiaplah Merogoh Kocek Dalam-dalam
LCD Laptop Rusak? Bersiaplah Merogoh Kocek Dalam-dalam
http://3.bp.blogspot.com/-2F11hlVhna0/VZ1XszX49UI/AAAAAAAABn8/sASFgQzh-fs/s640/laptop-rusak.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-2F11hlVhna0/VZ1XszX49UI/AAAAAAAABn8/sASFgQzh-fs/s72-c/laptop-rusak.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2015/07/lcd-gadget-rusak-bersiaplah-merogoh.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2015/07/lcd-gadget-rusak-bersiaplah-merogoh.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy