$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home

Apa Sih Enaknya Merokok?

pic: google Rokok, saya yakin semua orang kenal barang yang telah difatwakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) haram ini. Ukurannya...

pic: google

Rokok, saya yakin semua orang kenal barang yang telah difatwakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) haram ini. Ukurannya tidak lebih besar dan panjang dari jari tengah orang dewasa. Untuk menikmatinya juga tidak butuh waktu lama. Satu batang rokok bisa habis dihisap kurang lebih dua menit. 

Sampai sekarang saya masih heran dan bingung, sebenarnya apa sih nikmatnya menghisap rokok? Mencium bau asapnya saja saya sudah pusing tujuh keliling. Yang lebih mengherankan lagi, para pecandu rokok sanggup menghabiskan sampai 2 bungkus rokok sehari. Wowwww...

pic: google
Tidak hanya itu, semua orang termasuk pecandu rokok juga tahu jika merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin, dan paru-paru. Peringatan ini jelas tertera pada setiap bungkus rokok. Bahkan kampanye anti rokok juga sudah sering disuarakan para aktivis peduli kesehatan. Tapi peringatan ini diabaikan begitu saja oleh penikmat setia rokok. Beruntung dua lelaki di rumah saya, ayah dan suami saya tidak merokok. Jadi saya tidak harus mencium dan menghisap asap rokok yang berbahaya dan memusingkan itu.

Perokok paling sering kita jumpai di tempat-tempat umum, seperti cafe dan warung kopi. Di Banda Aceh, dua tempat ini sedang menjadi favorit para kawula muda untuk berkumpul bersama teman-teman, termasuk saya. Namun, kehadiran para perokok seringkali membuat saya tidak nyaman. Hal ini ternyata tidak hanya saya yang merasakannya, banyak teman-teman saya juga tidak suka dengan rokok, lebih tepatnya tidak suka dengan asap rokok yang dihembuskan para perokok itu. Sungguh mengganggu! 

pic: google
Bukan menyalahkan para perokok, tapi alangkah baiknya jika kita semua, baik perokok aktif maupun pasif saling mengerti dan menghargai. Bagi para perokok, saat menghisap rokok sebaiknya menjauh dari keramaian sehingga tidak mengganggu orang lain yang berada di sekitar. Memang merokok adalah hak anda, kan rokoknya juga dibeli dengan uang anda. Tapi sebaiknya mengerti jika asap rokok yang itu tidak baik bagi kesehatan. Saya sendiri jika mencium apalagi menghirup asap rokok langsung merasa pusing dan sesak nafas. Benar-benar mengusik kenyamanan!

Yang lebih parahnya lagi, perokok pasif lebih berisiko terkena gangguan kesehatan dibandingkan perokok aktif. Nah lho, jadinya rugi dua kali kan. Sudah kepala pusing dan dada sesak karena menghirup asap rokok. Saya dan mereka yang tidak merokok juga harus menanggung akibat yang lebih parah daripada mereka yang merokok aktif. 


pic: google

Bagi perokok pasif, jika memang tidak tahan dengan efek yang ditimbulkan asap rokok sebaiknya menjauh. Tapi ya tetap saja, jika diperhatikan, dimana-mana terutama di tempat umum ramai orang merokok secara bebas dan semaunya. Meski di beberapa tempat khususnya pelayanan masyarakat seperti perkantoran, rumah sakit, bandara, dll sudah dilarang merokok (disediakan ruangan khusus bagi perokok) tapi tetap saja yang namanya asap rokok itu masih sering kita jumpai. 

Rokok itu adalah salah satu barang yang membuat kecanduan siapapun yang mencobanya, meski statusnya tidak separah narkoba. Tapi memang sebaiknya barang yang satu ini dijauhi saja. Selain tidak ada manfaatnya, merokok itu sama saja dengan membakar uang. Perbuatan yang sia-sia. Kalau kata orang Aceh, "merokok nyan jak tot-tot peng mantong" (merokok itu bakar-bakar uang saja). Kiasan ini karena rokok itu dibeli dengan uang, setelah dibeli malah rokok dibakar (untuk dihisap). 

pic: google
Bagi para perokok, berhenti sajalah. Sayangi tubuh dan kesehatan anda. Bukan hanya untuk kesehatan diri sendiri tapi juga untuk kesehatan orang-orang terdekat. Lagipun, uang untuk beli rokok kan bisa ditabung atau digunakan untuk membeli barang lain yang lebih bermanfaat. Memang susah untuk berhenti dari kecanduan. Dari beberapa kenalan saya, itu bukanlah hal yang mustahil. Usahakan pelan-pelan, hingga nanti bisa berhenti total dari ketergantungan terhadap rokok. 

* Efek Buruk Asap Rokok 


pic: google
Kita semua sudah tahu jika rokok lebih banyak efek buruk, efek baiknya bahkan tidak ada sama sekali. Asap rokok yang tersebar mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia. Selain itu, asap roko mengandung lebih dari 50 bahan kima yang dapat menyebabkan kanker seperti arsenik, nikel, kadmium, dan formaldehida. 

Pada orang dewasa yang tidak merokok, senantiasa menghisap asap rokok secara pasif dapat meningkatkan risiko seseorang terserang kanker paru-paru sebanyak 25 persen. Perokok pasif juga dapat terserang gangguan kesehatan lain yaitu penyempitan pembuluh darah. Dengan terganggunya pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung, kinerja jantung juga berisiko terganggu, bahkan berujung pada gagal jantung.

Bagi ibu hamil, asap rokok juga wajib dihindari. Wanita yang sedang hamil apabila menghirup asap rokok berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi seperi keguguran, lahir mati, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata. 


pic: google

Sementara bagi anak-anak, apabila terlalu sering menghirup asap rokok dapat menyebabkan asma, pilek, infeksi telinga dan sistem pernapasan, alergi, meningitis, dan sindrom kematian bayi mendadak. Tidak hanya dari segi kesehatan, kemampuan akademik anak juga lebih rendah dibandingkan anak yang tidak terpajan asap rokok. 

* Tips Menghindari dari Asap Rokok

Ada beberapa tempat yang patut diwaspadai oleh perokok pasif, karena ramai perokok aktif di sana. Langkah-langkahpencegahan yang bisa diterapkan pada tempat-tempat tersebut.


  • Meminta dengan sopan kepada perokok aktif agar tidak merokok ketika berada di dekat anda. Jika hal itu tidak berhasil, anda bisa menjauh agar tidak menghirup asap rokoknya.
  • Membuat rumah terbebas dari asap rokok merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Larang siapapun yang ingin merokok di dalam rumah. Jika ingiin merokok, suruh merokok di luar rumah atau jauh dari anggota keluarga.
  • Asap rokok bisa ditemui di sejumlah tempat umum seperti bus, warung, dan kafe. Jika anda memutuskan untuk pergi ke tempat umum, usahakan untuk memilih tempat atau area non-smoking yang terbebas dari asap rokok. Beberapa restoran dan mall telah  menetapkan peraturan larangan merokok di tempat umum dengan membuat tempat khusus bagi para perokok.

Setelah memahami cara-cara tersebut, kini anda lebih bisa menghindarkan keluarga dari efek buruk rokok.



pic: google


referensi: http://www.alodokter.com/bahaya-menjadi-perokok-pasif

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Apa Sih Enaknya Merokok?
Apa Sih Enaknya Merokok?
https://1.bp.blogspot.com/-6euW4xKVmbs/Vd_sFdlIO-I/AAAAAAAAB6E/n_DgesXTiEI/s640/79rokok.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6euW4xKVmbs/Vd_sFdlIO-I/AAAAAAAAB6E/n_DgesXTiEI/s72-c/79rokok.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2015/08/apa-sih-enaknya-merokok.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2015/08/apa-sih-enaknya-merokok.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy