$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home

Hal yang harus Diperhatikan Saat Mengajak Bayi Mandi Laut

Rashid mandi laut bersama abu, abang Nanda, dan nenek (yang dibelakang dan tidak melihat kamera). Bayi berenang? Hal ini tidak dilara...


Rashid mandi laut bersama abu, abang Nanda, dan nenek (yang dibelakang dan tidak melihat kamera).

Bayi berenang? Hal ini tidak dilarang selama para orang tua memperhatikan beberapa hal agar sesuatu yang tidak diinginkan dapat dihindari. Beberapa artikel yang saya baca juga mengatakan berenang adalah olahraga yang sangat bagus bagi tubuh. Pun sekarang banyak jasa yang menyediakan layanan spa and swim for baby.

Nah, yang saya ingin share di sini adalah pengalaman saya berekreasi bersama bayi saya dan juga keluarga. Beberapa hari lalu tepatnya hari Minggu, saya bersama keluarga suami berlibur ke pantai. Ini pertama kalinya bagi Rashid ke pantai. Suami saya sebenarnya sering mengajak kami ke pantai, namun saya menolak karena Rashid masih kecil untuk perjalanan yang jauh dengan waktu tempuh lebih dari 30 menit. Saya takut Rashid sakit karena tidak kuat menahan terpaan angin selama perjalanan. Maklum, bayi kan rentan sakit karena kekebalan tubuhnya masih minim. Pun, jika bayi sudah kelelahan bakalan rewel. Namun, karena perjalanan kali ini menggunakan mobil, akhirnya saya mau ikut. 

Rashid ini anak air. Kalau sudah liat air pasti ribut minta mandi. Benar saja, setibanya di pantai ia mulai menyodor-nyodorkan badan menuju ke arah laut. Melalui bahasa tubuhnya kami sudah mengerti jika dia ingin main air. Awalnya saya tidak mengizinkan, tapi karena Rashid rewel terus akhirnya kita main juga di tepian pantai. Awalnya sih main di pinggir pantai, tapi kemudian nyemplung deh.


Senangnya Rashid bermain air.

Bersama abu dan juga saudara yang lain, Rashid terlihat sumringah. Ia menepuk-nepuk permukaan air sambil menggoyang-goyangkan kaki dalam air. Rashid tentunya tidak dilepas sendirian, ia dipangku oleh abunya. Saya yang tidak ikut mandi tetap memantau apa yang mereka lakukan. Meski menyenangkan, para orang tua tetap harus memperhatikan beberapa hal, terutama terkait kesehatan dan keselamatan si kecil.

Pantai yang kami datangi adalah pantai Lhoknga. Pantai ini memiliki banyak batu karang sehingga ombak yang datang akan pecah sebelum tiba di bibir pantai. Karenanya lokasi ini relatif aman untuk anak, terutama balita yang sudah bisa mandi sendiri. Tapi tentu tetap harus ada pengawasan dari orang tua. Sebaiknya jangan izinkan si kecil mandi jika lautnya berombak dan berarus kencang karena sangat berbahaya.

Karena Rashid baru berusia 8 bulan, tentu ia belum bisa mandi sendiri. Jadi ia dipangku dan dipegang. Anak bayi sebaiknya tidak dibawa sampai ke tengah laut, meski dipegang orang tua. Kondisi laut yang tidak menentu dan tidak bisa ditebak harus sangat diwaspadai. Apalagi jika menggendong si kecil dengan tangan kosong tanpa pengamanan apapun (seperti pelampung). Saat mandi laut kemarin, Rashid mandinya di bibir pantai. Air laut hanya merendam tubuh Rashid sampai pinggang.


Abu memegang Rashid
yang senang mandi laut.

Yang juga penting, jaga si kecil saat mandi dan bermain air agar air laut tidak mengenai wajah terutama mata. Air laut yang asin dapat membuat mata perih. Saat Rashid bermain, wajahnya basah dengan air laut dan saya membasuhnya dengan air tawar. 

Kondisi tubuh anak bayi sangat berbeda dengan orang biasa. Jadi batasi waktu si kecil jangan lama-lama di dalam air. Saya mengizinkan Rashid mandi laut sekitar 10-15 menit. Itu yang benar-benar terendam dalam air laut, selebihnya ia hanya bermain di pinggiran pantai. Jika terlalu lama dikhawatirkan si kecil bisa masuk angin dan perutnya kembung. Ingat juga moms, jangan ajak si kecil mandi saat matahari sedang terik-teriknya, karena si kecil bisa sakit kepala. 


Rashid dan Kak Nita

Selesai mandi laut, mandikan kembali si kecil dengan air tawar agar badannya bersih dan tidak lengket. Basuh juga kepala dan rambutnya. Setelah itu lap badannya dengan handuk dan pakaikan pakaian yang kering. Pakaiannya harus benar-benar kering agar si kecil tidak masuk angin. Setelah senang bermain air, saya memberi susu dan menidurkan Rashid. Setelah lelah bermain Rashid pun tertidur dalam buaian angin laut yang sejuk.

Rekreasi kami memang tidak lama, hanya beberapa jam. Tapi yang namanya membawa bayi, banyak barang si kecil yang harus dipersiapkan. Contohnya beberapa pakaian bersih, popok, handuk, mainan, makanan dan air, susu (karena menyusui langsung jadi tidak perlu membawa susu dan botolnya), minyak kayu putih, bedak, kaos kaki, dan selimut. 

Mempersiapkan barang bayi yang banyak itu sudah pasti repot. Tapi sebagai orang tua, mengajak anak pergi ke tempat baru dan mengenalkannya pada sesuatu yang baru adalah hal yang sangat membahagiakan. Melihat keceriaan si kecil saat bermain membuat saya sangat gembira. Di lain waktu saya berencana mengajak Rashid ke tempat lain yang tidak kalah mengasyikkan. Yuk moms ajak anak mengenal dan mempelajari hal-hal baru.

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Hal yang harus Diperhatikan Saat Mengajak Bayi Mandi Laut
Hal yang harus Diperhatikan Saat Mengajak Bayi Mandi Laut
https://1.bp.blogspot.com/-xNANTWvEabg/VyTMJ4SnUCI/AAAAAAAAA6w/4owpuPQbLh4rAut7npfqZlaRqtuW2ptuACLcB/s640/P_20160424_150035_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xNANTWvEabg/VyTMJ4SnUCI/AAAAAAAAA6w/4owpuPQbLh4rAut7npfqZlaRqtuW2ptuACLcB/s72-c/P_20160424_150035_1.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2016/04/hal-yang-harus-diperhatikan-jika.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2016/04/hal-yang-harus-diperhatikan-jika.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy