$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home

Memburu Gurita di Pantai Lhok Mee Aceh Besar

PANTAI Lhok Mee atau yang lebih dikenal dengan Pasir Putih di Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar ternyata tak hanya menyim...



http://www.sricorner.com/

PANTAI Lhok Mee atau yang lebih dikenal dengan Pasir Putih di Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar ternyata tak hanya menyimpan pesona eksotik akan keindahan pantainya. Di balik hamparan pasir laut putih dengan airnya yang jernih menyimpan satu tradisi warga atau nelayan setempat yang amat menarik, yakni memburu gurita! Pemandangan ini setidaknya saya lihat saat berekreasi bersama keluarga ke pantai itu. Beberapa warga dan nelayan setempat tampak turun ke dasar bibir pantai yang dipenuhi terumbu karang.

Bila air pasang, terumbu karang tempat gurita bersembunyi tidak begitu kelihatan karena ditutupi air laut. Namun setelah air surut sekitar sore hari, terumbu karang yang sebelumnya hanya kelihatan samar-samar jadi terlihat jelas. Maka perburuan gurita pun dimulai. 

Biasanya gurita yang diburu warga bersembunyi di dasar air di antara terumbu karang. Bagi pemburu yang sudah biasa, akan dengan mudah menemukan lokasi gurita bersembunyi. Setiap nelayan atau pemburu gurita hanya menggunakan satu besi kecil (stik) seukuran jari-jari sepeda motor. Setiap stik berukuran sekitar setengah meter yang ujungnya dibengkokkan. Para pemburu menyisir dimana ada ruang dalam terumbu karang dengan memasukkan stik ke dalam rongga yang terdapat di antara terumbu karang tersebut. 


http://www.sricorner.com/
Para pemburu gurita di Pantai Lhok Mee.

Untuk mengetahui gurita ada dalam rongga terumbu karang, Si Pemburu perlu memasukkan stik dan kalau memang gurita bersembunyi di dalamnya, akan terasa kenyal. Nah, di sinilah para pemburu hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala) ini berusaha mengeluarkannya dari pesembunyian. 


http://www.sricorner.com/
Pemburu mengeluarkan gurita dari sarangnya.

Tanda yang paling umum juga dapat diketahui, saat stik dimasukkan dalam rongga yang terbentuk di antara bongkahan karang, terkadang gurita mengeluarkan jeli (sejenis lendir) berwarna kecokelatan. Sekali semprot, permukaan air berubah jadi cokelat. Tanda ini semakin meyakinkan Si Pemburu kalau gurita bersembunyi di dalam terumbu karang tersebut.

Konon, jeli warna kecokelatan yang disemprotkan gurita adalah cara hewan yang memiliki 8 lengan--(bukan tentakel) dengan alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa--ini untuk menghilangkan jejak dari pemangsa atau musuhnya. 


http://www.sricorner.com/
Pemburu kembali mencari gurita di sarang yang lain dan berusaha mengeluarkannya .

Biasanya para pemburu dapat dengan mudah menangkap gurita setelah diketahui bersembunyi di balik karang. Bagi pemburu yang sudah berpengalaman, tidak butuh waktu lama untuk mengeluarkan gurita dari persembunyiannya. Namun ada pula yang kalah "pintar" sehingga gurita lolos dari incaran. 

Biasanya, setelah berhasil ditangkap, gurita melawan dengan melilitkan lengan dan menghisap kulit tangan Si Pemburu. Namun oleh pemburu perlawanan gurita ini tidak begitu menakutkan dan bahaya. Buktinya setelah gurita berhasil ditangkap, pemburu ternyata punya trik tersendiri untuk melemahkan tenaga gurita yaitu dengan membalikkan kulit kepalanya hingga bagian kepala atas masuk kedalam.

Konon, dengan cara ini, gurita tidak dapat melihat dan tenaganya makin melemah. Setelah ini dilakukan gurita selanjutnya dimasukkan dalam karung. Para pemburu kemudian kembali menyisir lokasi lainnya dengan cara melihat ke dalam air dengan permukaannya yang transparan.


http://www.sricorner.com/
Gurita mengeluarkan jel berwarna cokelat. 

Memang agak miris juga melihat saat pemburu membalikkan kulit kepala Si Gurita, karena tentu dia merasa sangat kesakitan. Tapi hanya dengan cara itu, gurita dapat dilumpuhkan untuk bisa dibawa pulang. 

Lokasi tempat gurita bersembunyi dan diburu tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Kira-kira sekitar 200 meter dengan kedalaman sekitar setengah meter, atau bahkan bisa lebih rendah lagi. Tradisi memburu gurita ini sudah berlangsung lama dan menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Lhok Mee. Sebab, gurita yang mereka tangkap bisa dijual ke pasar atau dibuat asinan. Tentu rasa dagingnya yang kenyal jika dimasak dengan bumbu dapur akan menjadi menu hidangan yang sangat sedap. 


http://www.sricorner.com/
Pemburu menunjukkan gurita tangkapannya. 

Terkadang gurita yang baru saja ditangkap juga langsung dibeli oleh pengunjung pantai yang ikut menyaksikan tradisi perburuan ini. Saya sendiri melihat seorang wanita membeli satu gurita yang berhasil ditangkap pemburu seharga Rp 30 ribu. Harganya memang relatif, tergantung dari ukuran gurita. Bagi nelayan setempat memburu gurita menjadi kebiasaan lain di luar menangkap ikan di laut lepas. Tidak hanya itu, tradisi perburuan gurita ini juga menjadi tontonan menarik bagi setiap pengunjung pantai itu di sore hari kala air laut mulai surut. 


http://www.sricorner.com/
Pengunjung pantai membeli gurita hasil tangkapan pemburu.

Bila Anda tertarik mungkin bisa melihatnya langsung lebih dekat. Jangan lupa ajak juga anggota keluarga Anda sambil menikmati panorama alam di sekitar pantai yang menyuguhkan beragan keindahan. Selamat mengunjungi.


Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Memburu Gurita di Pantai Lhok Mee Aceh Besar
Memburu Gurita di Pantai Lhok Mee Aceh Besar
https://1.bp.blogspot.com/-XV0C0hBAvRY/WAsILsoFOQI/AAAAAAAAB8k/YOAmFWOj2PQALGGOiv3lqX02rP4_tvOuwCLcB/s640/pemburu%2Bgurita.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XV0C0hBAvRY/WAsILsoFOQI/AAAAAAAAB8k/YOAmFWOj2PQALGGOiv3lqX02rP4_tvOuwCLcB/s72-c/pemburu%2Bgurita.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2016/10/memburu-gurita-di-pantai-lhok-mee-aceh-besar.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2016/10/memburu-gurita-di-pantai-lhok-mee-aceh-besar.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy