$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home

Mengenal Lebih Dekat Masjid Raya Baiturrahman, Ikon Wisata Religi Banda Aceh

Siapa yang tak mengenal nama Masjid Raya Baiturrahman. Masjid terindah di Asia Tenggara ini berada di pusat Kota Banda Aceh. Interi...


http://www.sricorner.com/

Siapa yang tak mengenal nama Masjid Raya Baiturrahman. Masjid terindah di Asia Tenggara ini berada di pusat Kota Banda Aceh. Interiornya yang indah serta letaknya yang strategis membuat masjid ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Baca: Indahnya Masjid Raya di Malam Hari

Saat memasuki ruangan dalam masjid, akan terlihat bangunan megah. Pilar-pilar yang kokoh dihiasi plat kuningan, dinding dengan arsitektur seni tinggi serta dilengkapi pernak-pernik seperti lampu hias gantung dan jam dinding klasik menambah pesona masjid ini.

http://www.sricorner.com/
Mihrab Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid Raya Baiturrahman juga merupakan saksi bisu sejarah panjang Aceh di masa perang dulu. Masjid ini pernah menjadi benteng pertahanan pejuang Aceh pada masa perang melawan Belanda.

Bahkan masjid ini menjadi saksi sejarah tewasnya Jenderal Johan Hermen Rudolf Kohler yang merupakan jenderal besar Belanda yang memimpin penyerangan ke Aceh lewat Pantai Ulee Lheue bersama ribuan pasukannya. Kohler tewas setelah jantungnya tertembus peluru penembak jitu pasukan perang Kesultanan Aceh.

Tempat kematian Kohler kemudian diabadikan lewat sebuah monumen kecil di bawah Pohon Kelumpang yang berada di dekat pintu masuk sebelah utara Masjid Raya Baiturrahman saat ini.


Pilar masjid yang dihiasi plat kuningan.


Sebagai tempat bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi. Karena keindahan arsitekturnya, masjid ini masuk dalam daftar masjid terindah di Indonesia.Secara umum masjid ini memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk dengan empat penjuru pintu masuk di utara, selatan, timur dan barat. Di depannya terdapat kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Ustmani.


http://www.sricorner.com/
Bagian dalam masjid untuk shaf wanita.

Setiap pengunjung yang berada di dalam masjid akan merasakan hawa sejuk yang dipancarkan dari AC dan lantai marmer masjid. Sebagai ikon wisata religi, Masjid Raya Baiturrahman kerap menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas keagamaan. Di antaranya pengajian, shalat jamaah, perayaan hari-hari besar Islam seperti Sahalat Id dan maulid Nabi Muhammad saw.

Menariknya lagi, masjid ini juga menjadi pilihan favorit bagi pasangan calon pengantin untuk melangsungkan akad nikah. Bagi calon pengantin, menikah di masjid ini memiliki kebanggaan tersendiri dan menjadi momen yang takkan pernah terlupakan.


Detail plat kaligrafi di bagian mihrab masjid.

Seiring perkembangan zaman, masjid kebanggaan rakyat Aceh ini terus mengalami pemugaran. Salah satu pemugaran terbesar sedang dilakukan Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan dr Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf pada tahun 2016 ini dengan biaya mencapai Rp 400 miliar. 

Lihat video renovasi Masjid Raya Baiturrahman:


   
Pemugaran ini antara lain dalam bentuk pembangunan ruang parkir dan wudhuk bawah tanah, pembangunan 12 payung elektrik seperti yang ada di Masjidil Haram dan renovasi halaman masjid yang nantinya akan dilapisi marmer berkualitas tinggi. Apabila proyek renovasi ini selesai, maka Masjid Raya Baiturrahman nantinya dapat menampung sekitar 20 ribu jamaah.

Dengan wajah yang baru, Masjid Raya Baiturrahman diharapkan dapat memberi kenyamanan bagi pengunjung yang beribadah. Selain itu, masjid ini juga menjadi ikon wisata religi andalan Kota Banda Aceh.




Lihat lebih dekat interior masjid, klik video ini:
 

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Mengenal Lebih Dekat Masjid Raya Baiturrahman, Ikon Wisata Religi Banda Aceh
Mengenal Lebih Dekat Masjid Raya Baiturrahman, Ikon Wisata Religi Banda Aceh
https://2.bp.blogspot.com/-ZNM7fdpmNa0/WDpy3XdBtPI/AAAAAAAACBs/Oisv9cfFDJICIDkwkx50N4qXcWUG88migCLcB/s640/3.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZNM7fdpmNa0/WDpy3XdBtPI/AAAAAAAACBs/Oisv9cfFDJICIDkwkx50N4qXcWUG88migCLcB/s72-c/3.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2016/11/mengenal-lebih-dekat-masjid-raya.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2016/11/mengenal-lebih-dekat-masjid-raya.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy