$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

[Sponsored Post] Pesona Tersembunyi di Balik Tenangnya Pacitan

(source: cdn.bisnisukm.com) Pacitan, sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang sangat ingin saya kunjungi. Kabupaten yang berada di ujung...



(source: cdn.bisnisukm.com)

Pacitan, sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang sangat ingin saya kunjungi. Kabupaten yang berada di ujung Barat Daya pulau Jawa ini adalah tanah kelahiran ibu saya. Sebuah tempat yang tidak pernah saya kunjungi, bahkan hingga usia saya yang sekarang hampir kepala tiga. Itu karena biaya pulang kampung ke sana sangat besar. Ibu saya sendiri sudah 30 tahun lebih merantau ke Aceh karena ikut ayah dan belum pernah pulang lagi ke Pacitan.

Meski belum pernah mengunjungi daerah yang juga tempat kelahiran mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ini, setiap kali mendengar kata Pacitan saya rasanya kangen sekali ingin ke sana. Saya juga sering mencari informasi tentang Pacitan. Ternyata Kabupaten yang bertetangga dengan Wonogiri dan berhadapan langsung dengan samudra Hindia di bagian selatannya ini memang memiliki pesona alam yang sangat indah. 

Kata ibu saya, kehidupan di daerah ini terbilang tenang dan sepi. Pacitan juga juga dikenal dengan sebutan kota 1001 gua. Salah satu gua yang terkenal bahkan hingga ke luar negeri adalah Gua Gong. Ibu saya bilang beliau pernah ke gua ini dan memang gua ini sangat indah.

Tak hanya Gua Gong, tapi masih banyak tempat-tempat lain di Pacitan yang patut dikunjungi. Pun, tempat-tempat wisata di sini terbilang murah. Cocok bagi backpacker traveller. Soal penginapan juga tidak perlu dikhawatirkan, karena semuanya sekarang bisa dipesan secara online. Lebih hemat waktu dan tenaga kan, selain itu juga menghemat pengeluaran selama liburan. Di Pacitan banyak hotel yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Lebih mudahnya lagi, hotel-hotel ini bisa dipesan melalui website traveloka. Hanya butuh smartphone dan jaringan internet saja kalau mau pesan hotel via traveloka. 

Nah, sekarang yuk kita lihat lokasi-lokasi menarik untuk dikunjungi di Pacitan!  


1. Gua Gong

Keindahan Stalaktit dan Stalakmit di Goa Gong (source: dzofar.com)

Ini dia gua yang diklaim sebagai gua paling indah se-Asia Tenggara. Biasanya gua identik dengan suasana gelap, tapi Gua Gong ini sudah sedikit direnovasi pemerintah setempat dengan memasang lampu warna-warni untuk menambah keelokannya. Dinamakan Gua Gong karena stalaktit dan stalakmit yang tumbuh di dalam gua jika dipukul akan mengeluarkan suara seperti gong.


Di dalam gua ini terdapat beberapa ruangan yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya ruang Sendang Bidadari yang di dalamnya terdapat kolam dengan air yang dingin dan sangat jernih. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, jika mencuci muka atau tangan di sini akan mendapat rezeki yang baik nantinya. Jika kamu berkesempatan ke sini tidak ada salahnya mencoba cuci muka atau sekedar cuci tangan di Sendang Bidadari ini.

Semakin masuk ke dalam gua, mata akan dimanjakan dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit bertumpuk-tumpuk yang berusia ribuan tahun. Ditambah dengan pancaran cahaya warna-warni lampu stalaktit dan air yang menetes dari ujung-ujungnya yang terlihat memancarkan kilau seperti permata. 


2. Gua Song Terus


Kerangka manusia purba di Gua Song Terus (source: cavinglizsea.blogspot.com)

Tidak hanya Gua Gong, Pacitan masih punya banyak cadangan wisata gua. Salah satunya Gua Song Terus. Jika Gua Gong unik karena keindahannya dan batu-batunya yang mengeluarkan suara seperti gong jika dipukul, maka Gua Song Terus unik karena ada Mbah Sayem di dalamnya.

Siapa Mbah Sayem itu? Ternyata itu sebutan masyarakat sekitar untuk kerangka manusia yang telah menyatu dengan dinding Gua Song Terus. Kerangka manusia purba itu diperkirakan telah berusia 10 ribu tahun. Kerangka Mbah Sayem terlihat sedang menggenggam alat batu dan alat kerja dari tulang. Oleh sebab itu, Gua ini menjadi destinasi rujukan utama dalam meneliti manusia purba dan kehidupan jaman purba bagi para arkeolog.


3. Pantai Klayar


Pesona Seruling Laut (source: kaskus.co.id)

Selain lokasi wisata andalannya yaitu gua, keindahan alam Pacitan juga dilengkapi dengan pesona pantainya. Pacitan memiliki sebuah pantai dengan karang yang berongga yaitu Pantai Klayar atau sering disebut juga seruling laut. Jika ada ombak datang, rongga-rongga karang ini yang akan mengeluarkan suara mirip seruling yang merdu. Unik ya!

Biasanya para pengunjung juga sering berfoto ria di atas karangnya yang langsung menghadap laut lepas. Cipratan air dari ombak yang menabrak karang menciptakan hasil jepretan yang indah. Bibir pantai yang bersih juga menjadi nilai plus pantai ini. Namun, pengunjung diwajibkan berhhati-hati saat bermain di pinggir pantai ini karena ombak pantai selatannya yang cukup besar.


4. Pantai Srau


Keelokan Pantai Srau (source: danisetiawanku.com)

Lokasi menarik selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Srau yang berlokasi di Desa Candi, Dusun Srau. Pantai ini memiliki gulungan ombak yang cukup besar. Biasanya turis asing menyukai ini untuk memamerkan kemampuan berselancarnya.

Pantai Srau memiliki tiga bagian tepi pantai yang berbeda-beda. Salah satu bagian tepi pantai merupakan pasir yang berwarna putih lembut. Cocok untuk sekedar jalan-jalan membasahi pergelangan kaki dari buih-buih ombak. Sementara bagian lain merupakan karang-karang datar yang bisa dinikmati dengan main air sambil jalan-jalan di atasnya. Dan bagian ketiga merupakan bukit-bukit karang yang turut menyumbang keelokan pantai ini, spot yang cocok sekali untuk berfoto.


Nah, itulah empat lokasi menarik yang bisa dikunjungi di Pacitan. Untuk masuk ke semua lokasi tersebut, hanya perlu membayar tidak lebih dari 10.000 rupiah untuk setiap tempat. Semoga saya punya rejeki lebih dan bisa membawa ibu saya pulang kampung sekalian liburan serta nyekar ke makam kakek dan nenek di Pacitan. Aamiin.




*Tulisan di postingan ini karya penulis dan disponsori oleh Traveloka.


Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: [Sponsored Post] Pesona Tersembunyi di Balik Tenangnya Pacitan
[Sponsored Post] Pesona Tersembunyi di Balik Tenangnya Pacitan
https://3.bp.blogspot.com/-Y32izm4rkH0/WDhUUAP6stI/AAAAAAAACAg/hlIAlLy8Mjc1XgUjZDP-YvMBFNxJ3hDRwCLcB/s640/potensi-pacitan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Y32izm4rkH0/WDhUUAP6stI/AAAAAAAACAg/hlIAlLy8Mjc1XgUjZDP-YvMBFNxJ3hDRwCLcB/s72-c/potensi-pacitan.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2016/11/sponsored-post-pesona-tersembunyi-di.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2016/11/sponsored-post-pesona-tersembunyi-di.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy