$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home

Ngeblog di Mata Donna Imelda, Sekadar Hobi atau Kerja?

Mbak Donna Imelda sedang memimpin diskusi. Donna Imelda, siapakah beliau? Seorang travel blogger yang juga pernah berprofesi sebagai ...

http://www.sricorner.com/
Mbak Donna Imelda sedang memimpin diskusi.

Donna Imelda, siapakah beliau? Seorang travel blogger yang juga pernah berprofesi sebagai dosen. Ya, pernah menjadi dosen karena sekarang ia sudah memutuskan keluar dari struktural dan menjadi fulltime blogger.

Pengalaman ngeblognya bisa dikatakan tingkat dewa deh. Karenanya saya dan juga teman-teman Gam Inong Blogger Aceh sangat senang saat berkesempatan meet up bersama mbak Donna. Ceritanya beliau baru pulang dari Selangor, Malaysia dan mampir ke Aceh.

Jadilah kami ngopi darat di Keude Kupi Aceh, Lambhuk, Banda Aceh. Acara sharing pengalaman yang bertema "Blogger: Hobi atau Pekerjaan" berlangsung kurang lebih tiga jam pada Rabu (15/3) lalu ini sangat menarik.

Ngeblog bagi mbak Donna awalnya adalah sebuah hobi. Ia tidak memandang blog sebagai sebuah pekerjaan karena ia sendiri sudah punya pekerjaan yang bagus yaitu sebagai dosen. Tapi kecintaannya pada menulis membuat blognya menjadi aset berharga sampai sekarang. 

Mbak Donna juga mengatakan jika blog yang sering dianggap sesuatu yang remeh temeh ternyata memiliki potensi yang sangat besar. Jika serius mengelolanya, bahkan bisa menjadi profesi.

Saya yang masih pemula di dunia blog mendapat banyak ilmu yang dari wanita yang menggawangi dua akun blog yaitu www.donnaimelda.com dan www.ayopelesiran.com. Mau tahu kita bahas apa saja dan petuah apa yang diberikan ibu dua anak ini? Ini beberapa rangkuman diskusi kami berdasarkan pertanyaan teman-teman.

http://www.sricorner.com/
Saya bersama Mbak Donna Imelda


1. Mbak Donna Nulis Apa Saja Sih?

Di tangan mbak Donna, semuanya bisa menjadi bahan tulisan. Tak heran Donna punya dua akun blog. Satu akunnya gado-gado alias terdiri atas banyak kategori tulisan, sementara yang satu lagi khusus menceritakan tentang travelling.

Kunjungi saja blognya, maka akan ditemukan banyak sekali jenis tulisan seperti parenting dan family, inspiration, opinion, review and event, travelling, hingga cerita fiksi. 

Menurutnya, setiap orang punya kecenderungan akan sesuatu dan itu juga bisa menjadi bahan untuk sebuah tulisan. Seperti dirinya yang cenderung suka jalan-jalan hingga akhirnya menjadi owner situs ayo pelesiran.

"Kalau mau nulis, nulis aja. Jangan mikir yang susah-susah dulu. Kalau gitu nanti malah gak jadi-jadi tulisannya," katanya.

Ia juga mengatakan kalau dirinya tidak sempurna dalam menulis. Tapi itulah yang disebut proses pembelajaran.

"Saya ya kalau baca tulisan yang lama, rasanya malu sendiri. EYD kacau, kata-katanya juga banyak yang menyek-menyek (terlalu mendramatisir). Tapi kalau saya gak melewati tahap itu saya gak akan bisa seperti sekarang. Jadi jangan mikir malu gak bisa nulis. Menulis sebulan sekali dan tulisannya jelek lebih bagus daripada tidak menulis sama sekali," lanjutnya.

2. Gimana Sih Mbak Ceritanya Bisa Dapat Uang Pertama Kali dari Blog?

Ngeblog itu gak serta merta langsung dapat uang. Blogger senior seperti mbak Donna juga awalnya gak dibayar. Jadi mbak Donna ini sering ikut event blogger. Saking seriusnya di dunia blogging beliau sampai mencetak kartu nama.

"Target saya kartu nama ini harus habis dalam sebulan. Setiap ada acara saya selalu kasih kartu nama ke panitianya. Oh kartu nama saya gak dibaca atau dibuang, ya gak apa-apa. Namanya juga usaha kan," ceritanya.

Begitulah cara awal dia mbak Donna memperkenalkan diri sebagai blogger. Ia pun menyarankan seorang blogger itu jangan terlalu perhitungan. Dirinya dulu selalu hadir dalam acara apapun yang diselenggarakan bagi blogger baik dibayar maupun tidak.

"Saya suka cari info tentang event-event yang ada. Saya gak mikir apa ada uangnya atau tidak, yang penting ikut aja. Diminta atau tidak pun saya juga selalu menulis tentang event yang saya hadiri. Lalu link tulisannya saya kirim ke panitia. Nah dari situ mereka mulai mengenal saya dan saat ada event lain mereka mengundang saya," katanya.

kalau sudah begitu, lanjutnya, para penyelenggara event akan kembai mengundang dirinya jika ada the next event. "Sampai ada event yang memberi saya uang transport, goodie bag, bahkan fee. Nah, jadi naik kelas kan saya," ceritanya sembari tertawa.

3. Gimana Sih Mbak Agar Blog Kita Dibaca Banyak Orang?

Pertanyaan ini selalu menarik, karena banyak yang berpikir rugi kan kalau capek-capek nulis tapi tidak ada yang baca. Berikut poin yang dijabarkan mbak Donna agar blog kita diminati pembaca.

* Menggunakan Teknik SEO

Menggunakan teknik SEO adalah salah satu caranya agar tulisan kita mudah ditemukan saat dicari melalui google. 

"Saya juga tidak terlalu pintar menggunakan teknik SEO. Saya biasanya menggunakan kata kunci pada judul dan paragraf pertama. Itu teknik paling gampang yang saya tahu," sharingnya.


Pilih Konten yang Menarik

Menulis di blog memang tidak harus formal, tapi jika ingin blog banyak dibaca orang, pilihlah konten yang menarik.

"Zaman sekarang orang semuanya mencari informasi melalui internet. Kita harus manfaatkan itu. Tulis konten yang menarik dan juga diperlukan orang lain. Misalkan banyak tu yang nyari info tentang parenting. Bagi ibu-ibu kenapa gak nulis tentang pengalamannya saja. Atau kalian bisa tulis tentang tempat wisata menarik di Banda Aceh. Seperti saya yang saat mau ke Aceh cari-cari info tentang ini di internet," sarannya.

Blogwalking

"Kunjungi blog orang lain dan tinggalkan komentar. Ini juga salah satu hal yang penting dilakukan bloggger. Selain memperkenalkan blog, kita juga jadi nambah teman. Kalau bisa sempatkanlah blogwalking ke dua blog setiap harinya. Ya gitu aja terus. Itu memang sudah siklusnya," terang Donna.


Di pertemuan kemarin Mbak Donna juga memotivasi teman-teman yang belum punya blog agar segera memulainya.

* Manfaatkan Sosmed

Sosmed ibarat etalase, sedangkan blog adalah tokonya, sementara tulisan adalah produknya. Mbak Donna mengatakan jika kita ingin berjualan, maka produk itu harus menarik dan juga harus diletakkan di etalase agar orang tertarik dan berkunjung ke toko kita.

"Karenanya rajin-rajinlah share tulisan blog kita di sosmed. Sehingga orang-orang yang baca status di sosmed tertarik berkunjung ke blog  kita. Saya yakin kalian semua pasti ada sosmed. Jadi mengapa tidak dimanfaatkan," jelasnya. 

Ia juga menambahkan jika tindakan nyata akan lebih berguna dibanding hanya berencana.

"Jangan berpikir kapan mulai, tapi lakukan. Just do it. Kalau saya, apapun itu kalau sudah diniatkan baik maka akan ada hasil yang baik. Walaupun sekedar hobi juga harus dilakukan dengan seriusdan bisa memberimanfaat bagi orang lain," tutup mbak Donna di akhir pertemuan.

Mbak Donna Imelda bersama teman-teman Gam Inong Blogger Aceh berfoto di akhir pertemuan.

Nah, itu dia pengalaman ngeblog mbak Donna. Awalnya cuma hobi, tapi sekarang jadi profesi. Dengan menjadi seorang blogger mbak Donna tak hanya bisa berkeliling Indonesia, tapi juga ke luar negeri. Semoga saya dan kalian juga bisa seperti mbak Donna ya. Aamiin.

Sekarang mbak Donna sudah kembali ke Jakarta. Terima kasih mbak Donna untuk ilmunya. Semoga ke depan kita bisa berjumpa lagi. Kalau tidak mbak Donna yang ke Aceh lagi, mungkin saya yang ke Jakarta. Hehe

Sukses selalu.  


Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,7,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,14,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,5,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Ngeblog di Mata Donna Imelda, Sekadar Hobi atau Kerja?
Ngeblog di Mata Donna Imelda, Sekadar Hobi atau Kerja?
https://4.bp.blogspot.com/-xoEuUQ7sRXE/WMrAIuBTJ4I/AAAAAAAACJA/k3Vmn6lPih4vJ8y3AUNlpbu8tpWHwQJ9ACLcB/s640/P_20170315_111544.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-xoEuUQ7sRXE/WMrAIuBTJ4I/AAAAAAAACJA/k3Vmn6lPih4vJ8y3AUNlpbu8tpWHwQJ9ACLcB/s72-c/P_20170315_111544.jpg
SRI CORNER
http://www.sricorner.com/2017/03/ngeblog-di-mata-donna-imelda-yuk-curi-ilmunya.html
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/
http://www.sricorner.com/2017/03/ngeblog-di-mata-donna-imelda-yuk-curi-ilmunya.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy